Skip to content

Karyawan kurang kerja makin capek

September 2, 2009

My rotary (9)Akhir-akhir ini makin hari makin tambah capek aja kerja,kenapa tidak pekerjaan yang biasanya harus di lakukan oleh dua orang mesti dikerjakan sendiri,yang seharusnya dilakukan empat orang dikerjakan dua orang bahkan kadang kala dikerjakan sendirian.

Memanglah sangat capek sekali apalagi sekarang bulan puasa  kalau kebetulan masuk pagi ampun rasa udah hampir-hampir tak tahan untuk kerja lagi,tak tahulah sekarang ini banyak karyawan yang tidak mau sambung kontrak lagi mungkin saja udah cukup kali modalnya….

Dikilang ini untuk standard karyawan dalam dua shift kira-kira mau 900 orang ini terbagi dalam beberapa section baik A shift,B shift dan Nonshift.Tapi kenyataanya sekarang hanya ada kurang lebih 700 karyawan saja itulah sebab mengapa hari-hari kerja makin capek aja,tiap bulan karyawan yang cuti dan pulang ada sekitar 20 orang itupun tidak semuanya mau kembali lagi.

Aku sendiri tak tahu betul apa masalahnya kok banyak orang nggak mau sambung kontrak lagi,kalau dulu rata-rata karyawan sini bertahan sampai 4/5 tahun baru pulang kampung,tapi sekarang ada yang cuma ambil setahun  aja terus balik ada yang hanya 2 tahun ada juga yang nekad kabur alias lari tanpa memberi tahu pihak majikan dan tanpa kelengkapan surat-surat seperti paspor danlain-lain.

Memang sih kenyataanya sekarang kerja banyak sekali tekanan tidak boleh buat hal-hal yang diluar ketentuan pihak majikan,anda bisa bayangkanlah kalau hari-hari yang dilakukan cuma kerja-kerja dan kerja,tidak diperbolehkan keluar dari kawasan kilang sehingga tahunya cuma asrama dan kilang/pabrik aja.

Tapi kalau difikir lebih jauh secara rasional ada benarnya juga majikan tidak membenarkan keluar dari kawasan kilang ini sebenarnya untuk keselamatan juga sih,masalahnya dulu sering ada kejadian macam-macam menyangkut keselamatan karyawan karena berkeliaran bebas diluar area pabrik,misalnya perkelaian dengan orang luar dan pernah juga ada yang kena samseng/rampok sampai-sampai harus minta bantuan polisi untuk menjaga kawasan ini.

Itulah salah satu contoh saja dan yang lebih mengharukan lagi ada yang sampai kena rogol saat bermain ditepi sungai pada malam hari itu kejadian yang paling tragis pernah dialami salah satu karyawan disini.

Tapi heran aku justru orang-orang yang baru kerja disini merasa seperti hidup dipenjara tidak boleh kemana-mana kalau mau keluar memang dibenarkan tapi harus memakai izin dan alasan yang betul-betul bisa dipertanggung jawabkan .

Satu bulan sekali/duakali saja boleh bebas keluar dari kawasan kilang pada saat terima gaji,karena gaji tidak diberikan semua secara langsung tapi dimasukkan kerekening kita disalah satu bank disini jadi kita mesti mengambilnya sendiri untuk itu diperbolehkan untuk  ambil uang sekaligus jalan jalan menghilangkan kepenatan selama dalam rutinitas kerja.

Itulah sepintas gambaran suasana disini karyawan kurang kerja makin bertambah jadinya capek deh…!

Iklan

From → kerja, pabrik, Plywood

5 Komentar
  1. anbers permalink

    uwah, emang lagi serba risau. di dalam negeri pun begitu itulah situasinya. tapi bagi nomor kontakmu. biar aku bisa kirim sms ke hp-mu. saya wartawan di majalah baru yaitu TKI.

  2. Memang melelahkan om..Tapi klo tak da kerja malah menyedihkan. Macam aku ni juga jadi tki. Dah 2bln lum gj.

  3. sugiantoro permalink

    aku pernah kerja di sanyan jga??2 thun aku krja dsna??dlu aku di bagian finising line??bagian daw saw??jdi inget lg msa lalu??ini blogg spa ya??

    • abutiar permalink

      Blognya wong madiun om Sampean kerja disanyan tahun berapa ya???

  4. WONG CILIK permalink

    Yah kok sama boz pengalamannya, tp q dulu kerja di Manuply, sangat capek boz kerja 12 jam dengan istirahat hanya 25 menit habis untuk makan doang. Apalagi di bagian Core Builder to nyambung bahan kayu reject, belum tmbahan lembur wajibnya, pkoknya pengalaman yang tak terlupakan. Smangat Boz demi Keluarga yang menanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: